Rabu, 05 September 2012

Software untuk penulis Naskah skenario/Script Writer

Software untuk penulis Naskah skenario/Script Writer
Dalam proses kreatif pra produksi sebuah film, dokumenter, company profil, bahkan seni panggung teater di perlukan sebuah skenario atau lebih khususnya screenplay untuk karya audio visual.Skenario sendiri memiliki format standar international.

Karena saya tidak memiliki basic penulisan screenplay, cukup sulit awalnya menuangkan ide-ide yang selalu bermunculan dalam bentuk standar skenario. Kadang saat perjalanan di bus,kereta,mobil ide itu muncul, hanya saya tulis di note HP, dan rasanya kurang mencukupi kebutuhan penulisan ide sampai menjadi sebuah script.

Saya pengen menulis di sebuah aplikasi yang simple tapi bisa dikembangkan menjadi sebuah skenario. Nah akhirnya nemu juga software yang namanya “Celtx”.Software word prosesor yang khusus untuk menulis skenario, bahkan lebih dari itu software ini bisa menjadi management pra produksi,membuat storyboard,sket blocking lighting dan kamera,jadwal shoting,breakdown script dll.

Tidak butuh waktu yang lama untuk mempelajari software ini, karena terlihat cukup simple.Pada saat awal kita di beri pilihan template skenario, untuk film, audio visual, theater, audio pplay, storyboard, comic book dan Novel.Software ini otomatis akan menulisakannya dalam format standar skenario, kita tinggal mengetik saja.Dari sini juga saya jadi tambah belajar tentang skenario,bagaimana format skenario, apa itu scene heading, jenis shot, dialog, dll. Pengetahuan untuk menulis script saya pun jadi bertambah pesat.

Sumber: http://www.kreatifproduction.com/celtx-software-penulis-skenario/

Silakan tinggalkan pesan, komentar, keluhan dan saran demi kemajuan isi blog: Form Komentar Munculan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.