Selasa, 01 Januari 2013

Opini Publik dan Faktor Pendorong Interaksi Sosial

Opini publik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya : 

A ) Pendidikan
Pendidikan, baik formal maupun non formal, banyak mempengaruhi dan membentuk persepsi seseorang. Orang berpendidikan cukup, memiliki sikap yang lebih mandiri ketimbang kelompok yang kurang berpendidikan. Yang terakhir cenderung mengikut.

B ) Kondisi Sosial
Masyarakat yang terdiri dari kelompok tertutup akan memiliki pendapat yang lebih sempit daripada kelompok masyarakat terbuka. Dalam masyarakat tertutup, komunikasi dengan luar sulit dilakukan.

C ) Kondisi Ekonomi
Masyarakat yang kebutuhan minimumnya terpenuhi dan masalah survive bukan lagi merupakan bahaya yang mengancam, adalah masyarakat yang tenang dan demokratis.

D ) Ideologi
Ideologi adalah hasil kristalisasi nilai yang ada dalam masyarakat. Ia juga merupakan pemikiran khas suatu kelompok. Karena titik tolaknya adalah kepentingan ego, maka ideologi cenderung mengarah pada egoisme atau kelompokisme.

E ) Organisasi
Dalam organisasi orang berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai ragam kepentingan. Dalam organisasi orang dapat menyalurkan pendapat dan keinginannya. Karena dalam kelompok ini orang cenderung bersedia menyamakan pendapatnya, maka pendapat umum mudah terbentuk.

F ) Media Massa
Persepsi masyarakat dapat dibentuk oleh media massa. Media massa dapat membentuk pendapat umum dengan cara pemberitaan yang sensasional dan berkesinambungan.

Faktor”yg Mendorong terjadinya interaksi sosial:

a. Faktor Internal
Dalam nelakukan interaksi sosial secara alamiah sesungguhnya manusia mempunyai dorongan-dorongan dari diri manusia itu sendiri, meliputi :

1) Dorongan untuk memeruskan dan mengembangkan keturunan, dorongan ini terjadi secara kodrati dalam arti tidak usah dipelajari dan akan dimengerti dengan sendirinya.
2) Dorongan untuk memenuhi kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup memerlukan keberadaan orang lain sebagai pihak yang menyediakan berbagai kebutuhan hidup yang diperlukan.
3) Dorongan untuk mempertahankan hidup.
4) Dorongan untuk melakukan komunikasi dengan sesama, secara naluriah manusia memerlaukan orang lain untuk saling mengungkapkan keinginan yang ada dalam hati dan secara psikologis akan merasa tenteram bila hidup bersama-sama dan berkomunikasi dengan orang lain.

b. Faktor Eksternal
Sesuatu yang menarik perhatian yang berupa orang, benda atau keadaan-keadaan yang menjadi suatu dorongan untuk melakukan interaksi dengan orang lain, macam-macam dorongan eksternal antara lain :

1) Simpati
Simpati adalah suatu sikap tertarik pada orang lain karena sesuatu hal, mungkin karena penampilan, kebikjaksanaan atau pola pikirnya dll. Simpati akan mendorong individu untuk mengawali proses interaksi sosial dengan pihak yang lain.

Bentuk simpati :
a) cinta kasih, kasih sayang, perhatian pada pihak lain
b) disampaikan pada saat khusus, ulang tahun, naik pangkat, kematian, musibah dll

2) Motivasi
Motivasi merupakan dorongan, rangsangan atau stimulus yang diberikan seseorang kepada individu lain sehingga orang yang diberi motivasi menuruti atau melaksanakan secara kritis, rasional dan penuh tanggung jawab. Seseorang memutuskan untuk mengukuti event tertentu misalnya karena motif ekonomis, politis dll.

Bentuk motivasi :
a) Sikap, perilaku, pendapat, saran, pertanyaan
b) Motivasi diberikan oleh orang yang statusnya lebih tinggi dan berwibawa

3) Empati
Pada dasarnya empati adalah rasa haru ketika seseorang melihat orang lain mengalami sesuatu. Empati merupakan kelanjutan dari simpati yang berupa perbuatan nyata untuk mewujudkan simpatinya.

Contoh :
Bila orang lain terkena musibah kita ikut merasakan seperti kita sendiri yang terkena musibah.

4) Sugesti
Rangsangan atau pengaruh atau stimulus yang diberikan seseorang individu kepada individu lain sedemikian rupa, sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa pikir panjang.

Bentuk sugesti :
a) Sikap dan tindakan-tindakan
b) Reklame atau iklan di media-media
c) Orang yang mudah tersugesti adalah orang atau kelompok masyarakat yang berada dalam kondisi lemah, tertekan dan frustasi.

5) Imitasi
Tindakan seseorang dengan meniru orang lain melalui sikap penampilannya, gaya hidup bahkan apa saja yang dimiliki oleh orang lain.

Contoh :
a) Seseorang anak meniru perilaku orang tuanya
b) Peniruan gaya rambut, model baju di kalangan anak muda.

6) Identifikasi
Upaya yang dilakukan oleh orang atau individu lain untuk menjadi sama (identik) dengan individu lain yang ditirunya. Proses ini tidak berhenti pada proses peniruan tetapi sudah melalui proses penjiwaan yang sangat dalam.

Contoh :
a) seorang anak laki-laki sering mengidolakan atau mengidentifikasikan dirinya dengan ayahnya
b) seseorang menjadi pengagum berat seorang bintang idolanya hingga menirukan segal gaya dan sikapnya

Sumber:
http://ayu32.wordpress.com/2009/11/21/faktoryg-mendorong-terjadinya-interaksi-sosial/

http://musyafa23.blogspot.com/2012/12/pengelolaan-opini-dan-gerakan-massa.html?zx=6f52b7426075d287 

Silakan tinggalkan pesan, komentar, keluhan dan saran demi kemajuan isi blog: Form Komentar Munculan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.