Minggu, 07 April 2013

Rekayasa Perangkat Lunak [Tahapan Perancangan RPL]

PL1
Model Sekuensial Linier sering disebut Model Air Terjun merupakan paradigma rekayasa perangkat lunak yang paling tua dan paling banyak dipakai. Model ini mengusulkan sebuah pendekatan perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekunsial yang dimulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain , kode, pengujian, dan pemeliharaan

1.  Analisis Sistem Kebutuhan Perangkat Lunak
Analisis Sistem Kebutuhan Perangkat Lunak adalah sebuah teknik pemecehan masalah [pengumpulan data] yang menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponen dengan tujuan mempelajari seberapa bagus komponen tersebut dapat bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan mereka. Analisis mungkin tahapan yang paling penting, karena tahapan selanjutnya bergantung pada analisis. [Memahami Sistem Yang sudah Berjalan, Sistem Identifikasi pengguna, Tujuan utama pengguna, Pola penggunaan Sistem] - [Analisis Sistem tertruktur: Analisis ini terfokus pada aliran data, proses bisnis dan perangkat lunak, ERD, DFD]

2.Desain
Proses desain akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : [Desain Database, Desain Arsitektur Aplikasi PL, Desain Interface, Desain Prosedural]

3. Konstruksi
Konstruksi merupakan tahapan menerjamahkan hasil desain logis dan fisik kedalam kode-kode program komputer.

4. Pengujian
Pengujian sistem melibatkan semua kelompok pengguna yang telah direncanakan pada tahapan sebelumnya. pengujian tingkat penerimaan terhadap perangkat lunak akan berakhir ketika dirasa semua kelompok pengguna menyatakan bisa menerima perangkat lunak tersebut berdasarkan kriteria - kriteria yang telah ditetapkan. [Testing, Instalasi, Prosedur Pelatihan, Buku Panduan]

5. Perawatan dan konfigurasi
Perangkat lunak yang sudah disampaikan kepada pelanggan pasti akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan (periperal atau sistem operasi baru) baru, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional atau unjuk kerja.



Silakan tinggalkan pesan, komentar, keluhan dan saran demi kemajuan isi blog: Form Komentar Munculan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.