Minggu, 27 Januari 2013

[ Memanfaatkan CMS ] untuk membangun sebuah website

Fungsi dan Kegunaannya:
- Website Individu /Perorangan : dipergunakan untuk keperluan pribadi. Biasanya digunakan untuk menceritakan pengalaman pribadi, biografi, dan lain-lain.
- Website Komersial : website atau situs yang dipergunakan dengan tujuan komersial atau bisnis.
- Website Pemerintah : website yang digunakan oleh instansi pemerintah yang biasanyadigunkan untuk keperluan publik.
- Website Non Profit :  website yang digunakan untuk kepentingan Non Profit, seperti yayasan, kampus, sekolah, organisasi dan lain-lain.
Jenis website lainnya adalah web portal, forum, social bookmarking, e-learning, social networking, portofolio, media sharing dan masih banyak lainnya. Jenis website ini akan terus bertambah sejalan dengan perkembangan zaman.

Biasanya dalam Website Sekolah ada beberapa jenis Web yang meliputi:
 
Web profile/ Web sekolah
1. Memperkenalkan profil sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah seperti : Fasilitas yang tersedia, Kurikulum dan ekstra kurikuler termasuk materi pebelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, informasi mengenai perencanaan sekolah dan kebutuhan biaya, macam dan kualitas kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada.
2. Sebagai media komunikasi antara sekolah dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya : komunikasi antara siswa dengan guru terkait pelaksanaan pembelajaran, komunikasi antara siswa melalui media forum, komunikasi antara orangtua siswa/ calon siswa dengan sekolah melalui media email ataupun form kontak di website, komunikasi antara sekolah dengan institusi pendidikan di dalam/luar daerah, komunikasi  antara sekolah dengan alumni.3. Sebagai media resmi sekolah untuk media publikasi informasi ke masyarakat, seperti : pengumuman, Pers Release, dan Berita resmi sekolah.

Sayangnya, ada beberapa hal sering terjadi pada website-website sekolah. Mulai dari kurang update karena tidak punya tim pengurus/redaksi yang siap mengurus dan memberi informasi lewat website sekolah hingga masalah kehabisan bandwidth karena hosting yang kurang mencukupi

Untuk website sekolahan cukuplah dengan website yang menampilkan profil sekolahan saja. Soal data akademik itu bisa dipisahkan tersendiri dari website profile sekolah, untuk data informasi akademik bisa dipisahkan sendiri namanya sistem informasi akademik berbasis web atau juga bisa berbasis aplikasi dekstop.

macam macam web sekolah : web profile, dan bagian bagiannya terdapat fasilitas  e-learning/untuk belajar online e-library/perpustakaan, data informasi akademik sistem informasi manajemen sekolah, dll 

CMS yang bisa digunakan untuk membuat web sekolah
  • LSM Atutor
  • CMS Balitbang
  • Jibas, School Management
  • Wordpress // Web Profile sekolah
====================================================================
Untuk fasilitas tambahannya
====================================================================
Moodle ( untuk membuat e-learning  )
CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya.
 
DSPACE / Eprints ( untuk mengelola penyimpanan file )
Dspace merupakan program aplikasi repository yang dapat mengambil, menyimpan, mengindeks, mem-preservasi dan menyalurkan karya-karya intelektual dari penelitian universitas dalam bentuk digital. Ini Biasanya digunakan untuk mengelola repositori koleksi perpustakaan digital.

EPrints Untuk mengelola repositori koleksi perpustakaan digital berupa teks (*pdf) audio video (*mpg, *avi, ) audio (*ogg, *mp3 ) dan file file

Aplikasi lain untuk mengelola Sistem Perpustakaan
OpenBiblio mudah digunakan, sistem otomasi perpustakaan ditulis dalam PHP yang mengandung OPAC, sirkulasi, katalogisasi, dan fungsi staf administrasi. dan sebagai nya

phpMyLibrary adalah aplikasi otomatisasi Perpustakaan yang dibangun dari PHP MySQL . Program ini terdiri dari katalogisasi, sirkulasi, dan modul webpac. Program juga memiliki fitur ekspor impor. Program ini ketat mengikuti standar USMARC untuk menambahkan bahan-bahan.

LibMS , Library Magement System . adalah jenis CMS yang diperuntukan untuk mengelola Otomasi perpustakaan. contoh :
SLiMS http://slims.web.id/web/ Senayan yang sekarang Bernama SLiMS adalah Sistem Manajemen Perpustakaan , Open Source Software. SLiMS menyediakan banyak fitur seperti database Bibliografi, Sirkulasi, Keanggotaan dan masih banyak lagi yang akan membantu “mengotomatisasi” tugas-tugas perpustakaan.

KOHA telah diadopsi oleh ribuan perpustakaan di seluruh dunia, masing-masing menambahkan fitur dan fungsi, memperdalam kemampuan sistem. Dengan rilis 3.0 pada tahun 2005, dan integrasi mesin pengindeksan Zebra kuat, KOHA menjadi solusi, layak scalable untuk perpustakaan dari semua jenis.KOHA LibLime dibangun di atas fondasi ini. Dengan set fitur canggih, LibLime Perpustakaan Kesehatan adalah sumber yang paling fungsional terbuka canggih ILS di pasar saat ini.

====================================================================
Untuk data Informasi akademiknya
====================================================================
PSB online
PSB online merupakan aplikasi web-base yang bertujuan untuk digunakan sebagai sistem penerimaan siswa baru secara online. Hal ini memudahkan siswa/orangtua memantau penerimaan siswa dalam satu sekolah, apakah siswa tersebut masih lulus saringan atau tidak. dengan PSB online juga memudahkan para administrasi sekolah mensortir siswa-siswi yang memenuhi kriteria sekolah mereka.

Web Portal sekolah 
Web portal merupakan web yang dapat menampilkan informasi mengenai sekolah secara lengkap. Mulai dari profile sekolah, informasi guru, berita sekolah, artikel sekolah, kalender pendidikan, galleri photo, dan informasi penting lainnnya,

Sistem Informasi Nilai Online
merupakan sistem inforamsi akademik online yang bertujuan untuk menampilkan informasi akademik siswa secara online. sehingga informasi tentang nilai, selain untuk mengurangi kertas, juga memudahkan para orangtua untuk dapat memantau informasi akademik anaknya dengan faktual.
Didalam prakteknya pelaksanaan sistem setiap siswa hanya memiliki akses terhadap nilai pribadinya saja, karena menggunakan teknologi security login untuk dapat mengakses halaman nilai online tersebut. Informasi mengenai security login ini juga diberikan kepada para orangtuamurid.
Informasi yang  ditampilkan biasanya mulai dari data absensi kehadiran, nilai ulangan, nilai semester, dan informasi nilai lainnya.



Silakan tinggalkan pesan, komentar, keluhan dan saran demi kemajuan isi blog: Form Komentar Munculan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.